Profil Negara Timor Leste Singkat

Republik Demokratik Timor Leste (pun dimaksud Timor Lorosa'e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, ialah satu negara kecil di samping utara Australia serta sisi timur pulau Timor. Diluar itu lokasi negara ini pula mencakup pulau Kambing atau Atauro, Jaco, serta enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.

Timor Timur dijajah oleh Portugal pada era ke-16, serta diketahui menjadi Timor Portugis sampai 28 November 1975, saat Front Revolusi untuk Timor Leste Merdeka (FRETILIN) menginformasikan kemerdekaan lokasi itu. Sembilan hari lalu, Indonesia lakukan invasi serta aneksasi pada Timor Timur serta Timor Timur dikatakan menjadi propinsi ke-27 oleh Indonesia pada tahun selanjutnya.



Profil Negara Timor Leste - Pendudukan Indonesia di Timor Timur diikuti oleh perseteruan yang begitu keras saat beberapa dasawarsa pada grup separatis (terutamanya FRETILIN) serta militer Indonesia.

Pada tanggal 30 Agustus 1999, dalam satu referendum yang disponsori PBB, sebagian besar rakyat Timor Timur pilih untuk terlepas merdeka dari Indonesia. Selekasnya sesudah referendum, milisi anti-kemerdekaan Timor-Leste - yang diorganisir serta di dukung oleh militer Indonesia - mengawali kampanye militer bumi hangus.

Milisi membunuh seputar 1.400 rakyat Timor Timur serta dengan paksa menggerakkan 300.000 rakyat mengungsi ke Timor Barat. Sebagian besar infrastruktur hancur dalam pergerakan militer ini. Pada tanggal 20 September 1999, Angkatan Hawa Internasional untuk Timor Timur (INTERFET) dikirim ke Timor Timur untuk akhiri kekerasan.

Sesudah waktu perubahan yang diorganisasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, Timor Timur disadari dengan internasional menjadi negara serta dengan sah merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002.[12] Awal mulanya bernama Propinsi Timor Timur, saat jadi anggota PBB, mereka akan memutuskan untuk menggunakan nama Portugis "Timor Leste" menjadi nama sah.

Pada tahun 2011, Timor Leste menginformasikan tujuannya untuk memperoleh status keanggotaan dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dengan ajukan diri jadi anggota kesebelas.[13] Ini ialah satu dari dua negara yang sejumlah besar rakyatnya beragama Kristen di Asia Tenggara, yang satunya ialah Filipina.

Pada tanggal 30 Agustus 2001, rakyat Timor Leste memberi nada dalam penentuan pertama mereka yang diadakan oleh PBB untuk pilih anggota parlemen.[15] Pada bulan Mei 2002, lebih dari 20.000 pengungsi sudah kembali. Pada tanggal 20 Mei 2002, Konstitusi Republik Demokratik Timor Leste mulai laku serta Timor Leste disadari berdiri sendiri oleh PBB.

Parlemen Nasional dibuat serta Xanana Gusmão dilantik menjadi Presiden pertama negara itu. Pada tanggal 27 September 2002, Timor Timur ditukar namanya jadi Timor-Leste, memakai bahasa Portugis, serta di terima menjadi negara anggota oleh PBB.

Tahun selanjutnya, Gusmão menampik waktu jabatan presiden yang lainnya, serta mendekati pilpres bulan April 2007 berlangsung wabah kekerasan. José Ramos-Horta dipilih menjadi presiden pada penentuan bulan Mei 2007, sesaat Gusmão menjalankan penentuan parlemen serta jadi Perdana Menteri. Ramos-Horta alami luka gawat dalam eksperimen pembunuhan pada Februari 2008.

Perdana Menteri Gusmão pun terkena baku tembak dengan terpisah tetapi sukses lolos tanpa ada cedera. Bala pertolongan Australia selekasnya dikirim untuk menolong mengawasi ketertiban. Pada tahun 2006, PBB kirim pasukan keamanan untuk memulihkan ketertiban waktu keonaran serta pertarungan memaksa 15 % masyarakat (155.000 orang) tinggalkan rumah mereka. Pada bulan Maret 2011, PBB menyerahkan kontrol operasional kepolisian pada pihak berkuasa Timor Leste. PBB akhiri misi pemeliharaan perdamaian pada tanggal 31 Desember 2012.

Sumber Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Timor_Leste

Belum ada Komentar untuk "Profil Negara Timor Leste Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel